Arsene Wenger Sang Peracik Strategi Jenius

Arsene Wenger Sang Peracik Strategi jenius – Tidak ada yang pernah meragukan kualitas daripada kepelatihan Arsene Wenger, pria Prancis berumur 66 tahun itu kini sedang menukangi salah satu klub besar dan favorit di liga Inggris yaitu Arsenal. Tidak ada yang tidak mengenal Wenger, hampir semua orang mengenalnya. Dia juga mantan pemain sepakbola dan pernah merumput bersama RC Strasbourg dan ASPV Strasbourg.

Arsene Wenger Sang Peracik Strategi Jenius

Arsene Wenger Sang Peracik Strategi Jenius

Dia merupakan mantan pelatih AS Monaco selama 7 tahun dan sekarang dia bersama Arsenal sebagai pelatih dan manajer. Semenjak tahun 1996 sampai sekarang, Wenger bersama Arsenal dan menyumbangkan banyak gelar dan rekor pribadi ataupun untuk klub. Racikan strateginya yang menggunakan pola indah dan menyerang berhasil dan sukses besar diterapkan bersama timnya yaitu The Gunners Arsenal. Kita lihat Arsenang sekarang, permainan cantik dan indahnya tidak lepas dari tangan dingin seorang Arsene Wenger.

Tidak heran baru 2 tahun menukangi Arsenal dia telah membawa gelar double winner untuk The Gunners dengan menjuarai liga utama Primer Inggris dan Piala FA bahkan mengulangi double winnernya pada tahun 2002. Arsene Wenger memiliki rekor 49 pertandingan di liga tak terkalahkan sebelum akhirnya kalah pada bulan Oktober tahun 2004. Arsene Wenger juga pernah membawa Arsenal pertama kali memasuki final liga Champions Eropa meskipun dikalahkan Barcelona dengan skor 2-1.

Bersama Arsenal, ia telah menorehkan total 15 gelar, yaitu 3 gelar di liga utama Primer Inggris, 6 piala FA, dan 6 piala FA Community Shield. Suatu rentetan gelar yang sangat bagus dalam kepelatihannya selama 19 tahun ini. Penerapan permainannya yang tidak hanya menuntut skor cukup diacumkan 4 jempol untuknya, bahkan kemenangan tanpa menunjukkan permainan indah dan menghibur para penonton itu layaknya tiada ada artinya.

Sejarah akan mengenangnya dan akan membanggakan sosok Arsene Wenger ini, tiap permainan Arsenal dia pasti menerapkan formasi indah dan menyerang meskipun kerap kali menelan hasil kurang mengenakkan bahkan kekalahan. Arsene Wenger adalah bagian dari Arsenal sampai kapanpun itu, baktinya dan jasanya sudah memperjelas bukti bahwa dia memang sangat setia dan loyal kepada Arsenal.

Dia rela ditinggalkan banyak pemain bintangnya yang ia bina sendiri, dia siap menanggung semua resiko yang akan dialami Arsenal. Dan banyak juga pelatih yang mencibir dan mengejeknya karena Wenger jarang mendapat gelar, tetapi kalau kita lihat-lihat lagi, ternyata rekor Wenger pun masih ada yang belum terpecahkan.

Arsene Wenger menyampaikan bahwasannya ia ingin meninggalkan Arsenal di saat Arsenal sudah mencapai tingkatan terbaiknya, dia ingin meninggalkan kesan-kesan manis dan akan tetap mengenang kebersamaannya bersama ratusan pemain yang telah ia cetak menjadi pemain-pemain andalan di dunia, sebut saja Henry, Bergkamp, Pires, Reyes, Kanu, Nasri, Sagna, Clichy, Koscielny, Van Persie, Fabregas, Ramsey, Song, Adebayor, Anelka, dan masih banyak lagi yang lainnya yang mana jika kita bahas tidak akan ada habisnya karena begitu banyaknya.

Setelah itu tercapai dia siap menyatakan pensiun terhadap tim yang saat ini telah ia bela selama 19 tahun ini. The Professor ini sangat tegas, disiplin, dan teratur, dia tidak suka bertele-tele, suka pada permainan yang indah dan cepat, suka pada pemain muda dan mendidiknya sendiri, suka menerapkan formasi-formasi jitu yang sangat mengejutkan. Terkadang dia memainkan pemain terbaiknya, terkadang dia menduetkan para senior dan juniornya dalam satu posisi berdekatan, terkadang dia menjadikan pemain andalannya sebagai cadangan, terkadang dia membeli pemain yang sudah cukup usia, dia sangat teliti dan faham betul tentang para pemainnya.

Meskipun ia tahu kualitas pemainnya tetapi terkadang dia masih memberikan kesempatan bagi pemain yang dianggapnya tidak memenuhi ekspektasinya untuk terus bermain sampai pada batas yang telah ia tentukan sendiri. Karena bayangkan jika misalnya ada pemain yang bermain jelek langsung diganti? Tentu pemain itu akan benci kepadanya. Maka dari itu bahkan terkadang Wenger memasukkan pemain yang bisa menyokong pemain yang bermain jelek itu agar ya paling tidak memenuhi ekspektasi penonton untuk memaksimalkan setiap bola yang didapat. Itulah Arsene Wenger Sang Peracik Strategi jenius sepakbola menyerang dan indah. Jasa-jasa dan kenanganmu di dunia persepakbolaan dunia terutama Arsenal akan mengenangmu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *