Liverpool Menuju Final Piala Liga

Liverpool Menuju Final Piala Liga

Liverpool Menuju Final Piala Liga

Akhirnya setelah berjuang luar biasa untuk mengatasi Stoke City, Liverpool menuju final Piala Liga Inggris dan jelas dijagokan dalam setiap bursa taruhan.

Mekipun belum jelas siapa lawannya nanti yang pasti adalah pemenang pada pertandingan Manchester City berhadapan dengan Everton, tetapi semua tetap masih dalam taraf rabaan para pengamat sepakbola dan belum bisa dipastikan siapa yang akan menjadi juara dan mengangkat piala Liga.

Catatan Liverpool

Setelah sekian kali berganti ganti manager dan sering terseok dalam liga premier, ternyata membuat Liverpool tidak patah arang dan semakin menunjukan progress yang sangat baik. Masih ingat kan ketika Liverpool ditukangi oleh Rafael Benitez dan daya dukung serta spirit dari sang kapten pada waktu itu Steve Gerard?

Atau lebih mundur lagi ke masa King Kenny Dalgish yang memang pada waktu itu cukup sukses bersama Liverpool. Akan tetapi, mau tidak mau suka tidak suka pada masa King Kenny, ada peristiwa yang mengemparkan yang biasa disebut Tragedi Hillsborough dan karenanya King Kenny undur diri dari manager Liverpool lantaran trauma yang sulit untuk dilupakan. Sebenarnya saat itu Liverpool sangat menjadi momok dan cukup disegani sebagai lawan.

Meskipun semua itu telah terukir kisahnya akan tetapi tetap tidak sejaya ketika era Bob Paisley, dimana pada waktu itu Liverpool sangat gemilang. Saat diasuh oleh Mister Bob Paisley yang notabene adalah asisten dari Tuan Bob Shankly dan meneruskan laju tingkat estafet yang ternyata benar – benar gemilang.

Dalam beberapa catatan surat kabar dan majalah,  total persembahan  dari Tuan Paisley untuk klub dengan julukan si merah tersebut adalah 6 kali menjadi juara Liga Inggris, piala Champions sebanyak 3 tropi, 3 kali piala liga berturut –turut, dan sekali mengangkat piala UEFA. Kesemuanya itu diraih dalam 9 tahun masa kepemimpinannya dalam skuat si merah.

Faktor Klopp

Sekian tahun berlalu, kira – kira sudah 5 tahun terakhir ini Liverpool kurang gelar dan masih terseok – seok dalam meniti tangga empat besar dalam Liga Premier. Banyak manager silih berganti, datang dan pergi berusaha untuk mengangkat kedigdayaan Liverpool pada masa lalu.

Sampai akhirnya datanglah pelatih yang sebelumnya menukangi Borussia Dortmund, ya, dialah Jurgen Klopp. Pelatih yang dikenal serius dan keras ini dipercaya menjadi manager Liverpool tidak datang sendiri akan tetapi juga di kawal oleh dua asistennya ketika masih bermarkas di Borussia Dortmund. Klopp berencana berada di Liverpool dengan durasi kontrak selama tiga tahun.

Banyak pihak mengait – ngaitkan progres roket Liverpool saat ini adalah berkat kepiawaian Jurgen Klopp dalam memberikan instruksi saat latihan dan ketika berada di lapangan hijau. Klopp menggantikan Rodgers setelah Rodgers telah menyia-nyiakan kesempatan dan gagal dalam mengangkat pamor Liverpool di kancah domestik maupun internasional.

Kala itu , Rodgers langsung dibebastugaskan usai Liverpool ditahan imbang oleh everton. Kini harapan akan masa – masa kejayaan yang lalu tengah menaungi Anfield. Harapan yang akan menjadi nyata itu sedikit demi sedikit sedang dibangun oleh Klopp dan skuatnya, sampai saat ini grafik emnunjukan peningkatan yang baik, hingga parameternya lainnya adalah Liverpool menuju final piala Liga.

Aura negatif pun sempat menggelayuti skuat Klopp, pasalnya Klopp akan kembali ke Stadion Wembley dengan bayang – bayang sebagai runner up yang ketika itu harus mengakui keunggulan Bayern Munich saat final Liga Champions tahun 2013. Klopp hanya bisa memotivasi diri sendiri dan skuatnya agar semangat kemenangan atas Stoke City tetap dibawa sampai final di wembley tanggal 28 Februari mendatang.

Setelah melaju kefinal, ternyata liverpool pun menorehkan catatan yang cukup luar biasa, karena belum pernah ada tim dalam Liga yang dapat menembus sepuluh kali masuk final, dalam catatan, pertandingan final yang akan dijalani Liverpool adalah laga ke duabelas si merah.

Dan dari sebelas kesempatan final, Liverpool menjadi juara dan mengangkat piala telah delapan kali dan ini pun masih yang terbanyak dimana Chelsea telah mengumpulkan 5 kali kemenangan. Meski demikian Liverpool menuju final piala Liga pastinya berkat dukungan para Liverpudlian yang ada diseluruh penjuru dunia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *