Mengapa Negara Spanyol Begitu hebat Dalam Sepakbola

Mengapa Negara Spanyol Begitu hebat Dalam Sepakbola – Spanyol adalah pemegang rekor sebagai negara yang 3 kali beruntun meraih titel di kompetisi eropa dan dunia, yaitu piala eropa tahun 2008, piala dunia tahun 2010, dan terakhir piala eropa tahun 2012. Spanyol juga adalah peraih liga Champions Eropa terbanyak dengan total 15 gelar juara dan 10 kali runner-up.

Bahkan 10 dari 15 gelar juara milik negara Spanyol adalah milik El Real Madrid. Mereka mengoleksi 10 gelar liga Champions sekaligus pemegang gelar terbanyak di kompetisi terbesar di benua biru itu. Kenapa itu bisa terjadi? Tidak banyak yang bisa menjawab pertanyaan saya ini.

Alasannya adalah karena spanyol menggunakan produk pemainnya sendiri, entah itu negara ataupun klub.

Jadi, misalnya mereka berlaga di kompetisi negara seperti piala dunia ataupun piala eropa, mereka menggunakan pemain-pemain spanyol yang banyak berlaga di liga Spanyol itu sendiri. Contohnya Pique, Ramos, Iniesta, Xavi, Alba, Casillas, dan masih banyak lagi.

Sehingga koordinasi dan kerja sama mereka di lapangan nanti akan terjalin kuat dan serasi karena sudah sering berjumpa dan sudah sering bermain bersama. Dan misalnya jikalau ada kompetisi di klub, para klub spanyol juga lebih sering dan lebih banyak menggunakan produk pemain Spanyol.

Seperti Iniesta, Alba, Ramos, Pique, yang memang berwarganegara asli Spanyol. Maka koordinasi dan kerja sama mereka juga di lapangan akan terjalin begitu apiknya. Maka tidak heran jika Spanyol baik di kancah negara ataupun kancah liga klub, mereka menjadi langganan juaranya.

Mengapa Negara Spanyol Begitu hebat Dalam Sepakbola

Mengapa Negara Spanyol Begitu hebat Dalam Sepakbola

Melihat grafik negeri Matador ini yang terus beranjak membuat jutaan pasang mata di dunia ini tercengang dan bertepuk tangan untuk mereka. Lihat saja seperti liga Inggris bukan bermaksud mengecilkan Inggris ataupun mengejeknya, mereka lebih sering menggunakan produk luar negeri dan ketergantungan besar terhadap produk non-Inggris.

Mereka hanya sedikit menggunakan produk dalam negeri alias negara Inggris. Padahal itu sangat mempengaruhi performa mereka di kompetisi antar negara. Dan konsokuensinya atau resikonya adalah setiap bertanding di antara mereka tidak terjadi koordinasi dan kerja sama yang cukup baik dan pada akhirnya mereka banyak gagal baik di kancah klub tim sepakbola ataupun di kancah negara, Alhasil di setiap kejuaraan internasional negara Inggris sering gagal, bahkan untuk meraih kemenangan juga cukup sulit.

Padahal potensi pemain-pemain Inggris begitu hebat dan berbakat, sebut saja si Wazza Wayne Rooney, Daniel Sturridge, Kane, Walcott, Milner, dan deretan pemain muda hebat yang lainnya. Padahal kompetisi Liga Utama Primer Inggris sangat mentereng bahkan lebih mentereng daripada Liga BBVA di Spanyol karena Liga primer Inggris lebih cenderung berimbang antar tim satu liga, paling hanya beberapa tim saja yang cenderung tidak seimbang.

Bahkan liga primer Inggris bisa dikatakan liga yang paling popular di kompetisi liga di seluruh dunia ini. Persaingan tidak hanya terjadi di papan atas saja, tetapi juga terjadi di papan tengah dan papan bawah klasemen. Sehingga liga Inggris tidak salah jika dijadikan sebagai liga favorit rata-rata penggemar sepakbola. Bahkan permainan antar tim yang cenderung berbeda membuat permainan di lapangan akan cenderung bervariasi dan terjadi permainan yang begitu indah dan menarik untuk ditonton.

Sehingga banyak stasiun televisi di Indonesia yang menjadi penyiar bagi beberapa pertandingan di liga Inggris. Jadi itu alasannya mengapa Spanyol begitu hebat dalam hal sepakbola, sehingga jikalau Indonesia mau maju dalam sepakbolanya, banyak banyaklah menggunakan produk Indonesia yang memang memiliki kemistri dan hubungan baik antar pemain Indonesia, usahakan minimalkan mengimpor pemain dari luar negeri, karena itu berdampak pada prestasi dari negara Indonesia tercinta kita.

Lihatlah, sepakbola kita, begitu malangnya nasib para pemain yang menggantungkan hidupnya dan dirinya terhadap dunia sepakbola. Padahal segenap rakyat dan warga Indonesia begitu mencintai sepakbola, alhasil akibat dari semua permasalahan dan konflik persepakbolaan Indonesia berakhir pada pemberhentian kompetisi resmi Liga Super Indonesia.

Saat ini Indonesia hanya menyelenggarakan kejuaraan kejuaraan yang bersifat musiman dan tidak tahunan, sehingga tidak bisa dijadikan ajang seperti liga dan tentu tidak mendapatkan kepuasaan dibandingkan Liga resmi Indonesa. Semoga saja kasus di persepakbolaan Indonesia ini cepat selesai dan mendapat titik temu yang jelas.

Mengapa Negara Spanyol Begitu hebat Dalam Sepakbola, Karna benar-benar adanya suatu dukungan dari pemerintah dan dari masyarakatnya dan bisa menjadi sang juara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *