Mourinho Sang Pengoleksi 4 Gelar Liga di 4 tim dari Negara Berbeda

Mourinho Sang Pengoleksi 4 Gelar Liga di 4 tim dari Negara Berbeda – Jose Mourinho, seorang pelatih hebat dan berkualitas yang berasal dari Portugal. Pria yang mempunyai tinggi 175 cm dan kelahiran 26 Januari 1963 itu kini sedang menukangi The Blues Chelsea. Kini Jose Mourinho sedang berusaha membangkitkan motivasi dan kinerja Chelsea lebih lagi setelah terpuruk di kompetisi domestik di liga Primer Inggris.

Chelsea bahkan terlempar dari 4 besar dan 10 besar liga Primer Inggris. Ini tentu membuat semua pihak pecinta sepakbola terheran-heran mengapa hal ini bisa terjadi. Padahal Chelsea merupakan juara bertahan setelah memenangkan liga Primer Inggris musim 2014-2015 di musim pertamanya itu. Tapi di musim ini, Mourinho seperti memiliki banyak masalah dengan para pemain-pemainnya.

Tampak kurangnya koordinasi dan kerja sama antar pemain yang membuat Chelsea hampir selalu berpenampilan buruk di awal musim ini.

Bahkan dari 14 pertandingan ini Chelsea hanya mampu bertengger dan menempati posisi ke-14, posisi yang seharusnya tidak wajar bagi sebuah klub juara bertahan liga Primer Inggris. Tetapi dibalik performa buruknya di musim ini, Mou memiliki rekor yang belum pernah dicatat pelatih siapapun di seluruh dunia ini.

Mourinho Sang Pengoleksi 4 Gelar Liga di 4 tim dari Negara Berbeda

Mourinho Sang Pengoleksi 4 Gelar Liga di 4 tim dari Negara Berbeda

Dia adalah pelatih yang memenangkan 4 gelar liga di 4 tim dari negara yang berbeda yaitu bersama Porto, Inter Milan, Real Madrid dan Chelsea, dan peraih tribbel winners di 2 tim berbeda. Yaitu bersama Porto dan Inter Milan. Suatu pencapaian seorang pelatih siapapun akan sulit untuk mengalahkannya bahkan untuk menyamainya pun suatu hal yang begitu sulit. Jika kita melihat memang banyak tingkah-tingkahnya yang membuat dia berbeda dari pelatih-pelatih yang pernah ada. Dia suka mencibir pemain, pelatih, melawan wasit, tingkah lakunya dengan penggemar dan masih banyak yang lainnya.

Sehingga dia adalah pelatih dan manager yang sangat dicintai dan dibenci, yaitu dicintai oleh para penggemarnya dan sangat dibenci oleh musuhnya. Salah satu pelatih yang menjadi musuh abadinya sepertinya adalah Arsene Wenger, entah berapa kali mereka bertengkar, saling mencibir, saling mengomentari, saling berbalas kemenangan dan banyak hal lainnya. Tapi sepertinya itu lah sosok yang akan dirindukan oleh banyak pihak, termasuk para fans dan tim yang pernah ia asuh.

Selama berkarir, dia telah menukangi 6 tim sebagai pelatih, dan 3 tim sebagai asisten manajer. Jose Mourinho bukanlah pelatih sembarangan dan pelatih abal-abal, dia adalah salah satu pelatih sepakbola terbaik yang pernah dilahirkan di dunia ini, seperti Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger, Roberto Mancini, Carlo Ancelotti dan masih banyak lagi yang merupakan deretan-deretan pelatih terbaik dunia. Bahkan Jose Mourinho pernah meraih piala Gala Ballon d’Or sebagai pelatih terbaik di dunia tahun 2011 oleh FIFA.

Beliau juga memiliki sepasang anak yang dinamai dengan namanya dan nama istrinya. Yap, Mourinho bisa dibilang mantan pelatih Chelsea yang sedang melatih Chelsea sekarang. Kenapa? Karena pada tahun 2007 dia pernah pindah dari Chelsea ke klub Italia yaitu Internazionale Milano (Inter Milan), di sana dia 2 tahun dan meraih sekali tribbel winners bersama Sneijder dan kawan-kawan.

Dan setelah dia meraih tribbel winners Mou pun memutuskan untuk mencari pengalaman barunya di negeri Matador, yaitu klub ibukota Real Madrid, selama 3 tahun di El Real Mou telah memberikan banyak gelar bagi Real Madrid dan yang paling berkesan adalah gelar La Decima untuk Liga Champions Eropa atau gelar Champions League ke-10 Real Madrid selama 60 kali kompetisi itu digelar. Pada tahun 2013, dia memutuskan kembali ke The Blues Chelsea dan lagi-lagi berjumpa dengan Frank Lampard dan kawan-kawan.

Mourinho Sang Pengoleksi 4 Gelar Liga di 4 tim pun disambut meriah oleh para fans Chelsea termasuk para pemain mantan asuhannya yang juga masih di Chelsea. Di London, Mou tetap bermusuhan dan memperbanyak permusuhannya dengan para pelatih di Inggris, sebut saja yang paling fenomenal adalah perseteruannya dengan arsitek Arsenal yaitu sang Professor Arsene Wenger.

Mereka telah bertengkar selama bertahun-tahun dan sepertinya tidak akan ada titik temu untuk keduanya. Karena Mou sendiri yang mengatakan bahwa pertandingan sepakbola tidak hanya panas di dalam lapangan, tetapi juga di luar lapangan. Itulah yang menjadi sebabnya dia sering mencibir dan mengejek pelatih-pelatih yang dianggapnya sebagai musuh. Mourinho Sang Pengoleksi 4 Gelar Liga di 4 tim dari Negara Berbeda yang menjadikan dia sebagai pelatih terhebat sepanjang masa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *