Spanyol Negara yang Selalu Mempertahankan Piala Eropa

Spanyol Negara yang Selalu Mempertahankan Piala Eropa – Di kompetisi antara negara terjadi banyak kejuaraan dalam sepakbola, baik itu kancah internasional maupun hanya per benua saja. Contohnya piala dunia, piala eropa, piala asia, piala afrika, piala amerika, dan lain sebagainya. Kita kali ini akan mengulas dan membahas sedikit tentang piala eropa. Ada suatu fakta menarik dan unik, bahwasannya selama pergelaran piala eropa dari tahun 1960 sampai dengan tahun 2012 hanya Spanyol yang dapat mempertahankan gelar juara mereka alias menjadi juara lagi di tahun berikutnya.

Spanyol Negara yang Selalu Mempertahankan Piala Eropa

Spanyol Negara yang Selalu Mempertahankan Piala Eropa

Spanyol berhasil memenangkan kejuaraan piala eropa di tahun 2008 dan mengulanginya di kompetisi berikutnya yaitu tahun 2012, jadi Spanyol 2 kali beruntung menjuarai kompetisi dari piala eropa ini. Rekor yang baru mereka buat ini adalah suatu hal yang fantastis dan sangat hebat. Dan sepanjang sejarah piala eropa mereka berhasil mendapatkan 3 gelar piala eropa, yaitu pada tahun 1964 di Spanyol, tahun 2008 di Austria dan Swiss, dan pada tahun 2012 di Polandia dan Ukraina.

Negara ini lagi-lagi membuktikan bahwasannya mereka memang suatu negara yang hebat di bidang sepakbola. Dan Spanyol menyamakan rekornya dengan Jerman sebagai pengoleksi terbanyak piala eropa yaitu sebanyak 3 kali juara. Di kompetisi berikutnya piala eropa akan dilaksanakan di Prancis pada tahun 2016, apakah Spanyol akan juara lagi? Kita juga tidak tahu, hanya mereka yang tahu. Tetapi melihat performa mereka di kancah sepakbola, baik itu di negara ataupun di klub sepakbola, mereka tergolong sangat sukses dan sangat hebat.

Di klub, Spanyol memiliki 2 klub utama yaitu Barcelona dan Real Madrid. Dan banyak pemain dari Spanyol yang berseragam kedua tim tersebut yang menyebababkan kontribusi, koordinasi, kerja sama, dan kemistri mereka di lapangan hijau sangat baik dan bagus.

Tak heran mereka menggabungkan pemain-pemain hebat dari dua tim hebat yaitu Barcelona dan Real Madrid, sehingga permainan mereka pun tidak bisa lepas dari gaya permainan Barcelona dan Real Madrid yang menuntut dan menerapkan sistem bermain cantik, penguasaan bola, cepat dan menyerang.

Sungguh sistem permainan yang sangat baik dan apik, yang patut untuk dicontoh banyak negara. Karena kemistri yang kuat dalam bermain sepakbola sangat dibutuhkan, kita bisa ibaratkan suatu keluarga yang hubungannya baik dengan keluarga yang hubungannya selalu bertengkar dan tidak baik, tentu dampak positif lebih banyak didapatkan dari keluarga yang memiliki hubungan yang baik dibandingkan yang tidak baik. Spanyol Negara yang Selalu Mempertahankan Piala Eropa.

Maka dari itulah, para pemain asal negeri Matador Spanyol akan membangun kemistri mereka di luar lapangan lalu menerapkannya di lapangan, sehingga kalau pun ada kesalahan komunikasi mereka bisa mengatasinya masing-masing ataupun saling melengkapi kekurangan mereka antar pemain masing-masing. Kita lihat ketika mereka mengumpan antar rekan, melewati lawan, tiki taka mereka, kecepatan mereka dan pada akhirnya skor pun tercipta.

Lewat apa? Koordinasi dan kerja sama yang bagus antar pemain yang dibangun melalui kemistri yang kuat tadi. Jikalau mainnya tidak tenang dan mementingkan diri sendiri, tentu tim itu tidak akan menang, karena tidak terjalinnya hubungan yang baik antar pemain. Kalau saja Indonesia dapat menerapkan sistem seperti ini di bumi pertiwi ini, bukan tidak mungkin Indonesia akan memiliki peradaban sepakbola yang sangat baik di kancah internasional, atau bisa jadi menjuarai Piala Dunia yang merupakan impian dari setiap negara yang memiliki tim sepakbola.

Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jikalau kita mau berusaha dan terus berdoa. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa warga Indonesia sangat antusias dengan yang namanya sepakbola, mendengar kata bola saja sudah terbayang-bayang oleh mereka bahkan ada yang rela datang mati-matian untuk sekedar menonton pertandingan sepakbola. Bukan saya berniat membandingkan antara sepakbola Spanyol dan Indonesia.

Bukankah itu dapat kita jadikan pelajaran buat sepakbola nasional kita ke depannya? Kenapa kita harus malu dan emosi? Kalau kita saling terbuka dan saling terjalin komunikasi yang bagus maka akan tercipta suatu hasil yang bagus pula, atau mungkin tidak tercipta hasil yang bagus ya paling tidak tercipta suatu kontribusi yang menarik dan indah untuk dilihat serta dipertontonkan banyak orang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *