Transfer Januari Liga Utama Inggris: Belajar dari Pengalaman

Transfer Januari Liga Utama Inggris: Belajar dari Pengalaman – Transfer pemain Januari tahun ini dikabarkan akan semakin ketat bursa persainganya. Di Eropa, sejumlah klub sudah mempersiapkan anggaran dan daftar pemain yang hendak dibeli. Termasuk pula dengan Liga Utama Inggris yang kali ini dihadiri oleh sejumlah manajer baru. Para manajer baru itu diharapkan mampu mengubah dan menciptakan formulasi ideal bagi skuad terbaik.

Transfer Januari Liga Utama Inggris: Belajar dari Pengalaman

Momen Terpenting

Bulan Januari merupakan momen terpenting bagi setiap klub, baik di Inggris atau Eropa untuk menentukan siapa saja yang bakal diboyong ke kandang masing-masing. Kadang, sebuah pembelian bisa berhasil dan membuktikan bahwa pemain yang dibawa memang berpengaruh positif bagi perkembangan tim. Namun tidak jarang bawah sebuah pembelian justru sangat tidak menguntungkan. Bahkan kesialan pun mengancam klub bersangkutan akibat tidak adanya perubahan positif meski telah mendatangkan sejumlah pemain baru.

Transfer Januari Liga Utama Inggris: Belajar dari Pengalaman

Oleh karena itu, setiap klub wajib belajar dari pengalaman keberhasilan dan kegagalan pembelian pemain baru. Kita bisa mengamati hingga pada beberapa tahun terakhir ini bahwa ada sejumlah transfer pemain yang cukup bagus dan bahkan bisa disebut sangat sukses. Misalnya pada saat pembelian Mikel Arteta dari Real Sociead ke Everton. Pembelian yang berlangsung tahun 2005 silam ini menjadi kunci utama kesuksesan tim di bawah penanganan David Moyes. Setelah 6 tahun mengembangkan reputasi dan bakatnya di sana, Arteta pun pindah ke Arsenal dan menjadi salah satu pemain tertajam di The Gunners.

MU juga dikenal sebagai salah satu klub yang sering berbelanja pemain berbakat. Tahun 2006 silam, mereka mendatangkan sosok Nemanja Vidic dari Spartak Moscow. Bersama Evra, ia membuktikan dirinya sebagai pemain baru yang memang seharusnya bergabung bersama skuad Setan Merah. Kini, MU masih harus belajar banyak dari pengalaman pembelian yang tepat karena saat ini mereka sedang bermasalah dengan manajer dan skuad yang ditangani.

baca juga : Menengok Rencana Pembelian MU di Awal Tahun

Contoh sukses lainnya adalah pembelian Nemanja Matic dari Benfica ke Chelsea. Tahun 2014 merupakan awal kehadirannya di klub yang waktu itu ditangani oleh Mourinho. Di sana, ia menjadi salah satu pemain di lapisan belakang dengan bakat dan kualitas terbaik. Bersama Fabregas dan Hazard, Matic pun menciptakan kombinasi yang sangat berbahaya di lapangan. Meski saat ini penampilannya sedang dalam kondisi yang kurang bagus, ia adalah salah satu contoh pembelian sukses Chelsea di awal tahun.

Di tahun 2013, Liverpool pun sukses dengan pembelian Daniel Sturridge dari Chelsea. Setelah bergabung bersama skuad Anfield, ia membuktikan ketajamannya di atas lapangan. Tak ada yang meragukan kapasitasnya sebagai salah satu tandem terbaik Suarez di lapangan. Sayangnya, penampilannya semakin menurun akibat cedera yang sering diderita. Meski demikian, ialah salah satu pembelian terbaik Liverpool di Januari tahun 2013.

Di tahun yang sama, Liverpool juga mendatangkan Philippe Coutinho dari Inter Milan. Ia menjejakkan kakinya di Anfield dan bersama-sama Steerling dan Suarez menjadi kombinasi indah di lapangan. Waktu itu, ia didatangkan dengan anggaran yang cukup rendah akibat dari masalah finansial yang sedang dihadapi oleh Inter Milan. Ia ternyata mampu mengembangkan diri dan beradaptasi di lingkungan barunya.

Liverpool juga harus belajar lagi dari pengalamannya yang lebih lama. Misalnya saat membeli Javier Mascherano dari West Ham. Awalnya, ia didatangkan sebagai pemain pinjaman. Namun setelah beberapa kali merumput bersama skuad utama, statusnya pun dipermanenkan. Tak salah pilihan Liverpool untuk memboyongnya dari West Ham karena pemain ini merupakan salah satu bagian terbaik dari skuad modern Liverpool.

Chelsea membeli Gary Cahill di tahun 2006 dari Bolton. Waktu itu, ia memang menarik perhatian melalui aksi-aksi tajamnya di lapangan. Sangat tepat keputusan Mourinho untuk membeli dan langsung menjadikannya sebagai bagian skuad utama. Ia merupakan sosok tangguh di lapisan belakang yang kerap menciptakan kombinasi terbaik bersama Terry.

Kini sudah memasuki pertengahan Januari. Sejumlah klub di Liga Utama Inggris pun sudah mengambil ancang-ancang dari kemarin untuk mendatangkan sejumlah pemain baru. Apakah mereka bisa sukses dengan kompetisi di bursa kali ini? Kita tunggu saja Transfer Januari Liga Utama Inggris: Belajar dari Pengalaman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *